Sabtu, 05 Maret 2011
Panduan / Tutorial Menggunakan Google Adwords
Diposting oleh
ayo Indonesia
Seperti yang semua sudah ketahui, tempat nomor 1 untuk melakukan  pencarian di dunia internet adalah … Google. Tidak ada yang mengalahkan  Google sebagai search engine nomor 1 yang paling akurat. Kalau ada pertanyaan, apakah Google itu? semua orang akan menjawab,  tempat menemukan solusi nomor 1 di internet. Sebagai internet marketer,  jawaban kita sedikit berbeda.
Apakah Google itu?
Google adalah tempat mencari calon pembeli nomor 1 di internet. It's a  fact that has been proven.. Dengan Google, Anda bisa membuat website Anda ditampilkan apabila  seseorang mengetik suatu kata pada kotak searchnya. Apa yang diketik  pada kotak search disebut dengan istilah keyword. Anda hanya perlu  membayar Google apabila iklan Anda di-klik. Oleh karena itu, cara  beriklan seperti ini disebut PPC (Pay Per Click) alias bayar untuk  setiap klik. Nah, bagaimana cara menggunakan Google sebagai media iklan? Berikut  adalah langkah2nya
Untuk bisa beriklan di Google, Anda harus mendaftar di Google  Adwords. Kalau Anda belum daftar, daftar di sini => daftar Google Adwords
Mendaftar di Adwords gratis, akan tetapi untuk dapat menggunakannya  Anda harus melakukan pengaktifan dengan kartu kredit seharga $5. Wajib  pakai kartu kredit. Nah, setelah Anda mendaftar, masuklah ke account Google Adwords Anda  dan masuklah ke menu campaign summary Sekedar catatan, untuk yang pertama kali mendaftar, akan otomatis  langsung disuruh membuat campaign. Nah urutan langkah2nya mungkin agak  sedikit berbeda. Panduan saya ini untuk yang sudah aktif (karena saya  kan sudah aktif). Tapi tetap membantu penjelasan kok, hanya urutannya  yang agak berbeda sedikit.

Kalau sudah, kliklah link keyword targeted di sebelah tulisan create  new campaign:

Keyword targeted akan memunculkan iklan Anda berdasarkan keyword yang  Anda inginkan, sedangkan placement-targeted akan memunculkan iklan Anda  pada website yang Anda inginkan. Untuk panduan kali ini, kita akan  mencoba keyword-targeted. Setelah mengklik link keyword-targeted, Anda akan masuk ke halaman  setting iklan Anda yang pertama

Tuliskan nama campaign Anda pada kolom name your campaign  (berikan nama yang jelas untuk membedakan dengan campaign yang lain,  misalnya nama website yang diiklankan). Pada Name your ad group, masukkan kata kunci untuk  kumpulan keyword yang akan Anda masukkan nanti. Misalnya kumpulan  keyword yang mengandung kata coklat susu, Anda beri nama group, coklat  susu. Biasakan mengelompokkan adgroup Anda untuk setiap keyword utama  agar mudah dianalisis nantinya.
Untuk language yang digunakan customer Anda, pilihlah bahasa yang  digunakan oleh target market Anda. Umumnya adalah English ( saat ini,  kebanyakan orang yang suka beli2 barang online itu dari Amrik — orang  Indonesia kebanyakan masih suka klak klik iklan kalau penasaran, tapi  jarang beli, ya kan? 
Halaman berikut adalah memilih target lokasi iklan Anda

Pilihlah country and territories untuk memasang iklan pada negara  tertentu. Region dan city untuk memasang iklan pada kota tertentu, dan  customised untuk menentukan wilayah Anda lebih spesifik lagi misalnya  koordinat tertentu dari satelit (wow..).
Lalu klik continue

Berikutnya adalah memilih negara yang Anda inginkan iklan Anda muncul. Umumnya sih US saja. Tapi saya baru menemukan trik baru untuk mengetahui negara apa yang paling sering mencari keyword tertentu. Masuklah ke web ini untuk mengetahuinya http://Google.com/trends
Nah, setelah menentukan lokasi negara yang Anda incar (saya sih tetap  ke US, rata2 orang yang suka belanja pakai kartu kredit ada di sana)  klik tombol continue.

Masukkan teks iklan Anda di sini. Berikut adalah tips2nya:
- Tuliskan kalimat yang membuat orang penasaran
- Tuliskan kalimat yang kontroversial
- Berikan kalimat pertanyaan kalau perlu
- Tuliskan keyword Anda pada kalimat iklan Anda. Ketika iklan Anda ditampilkan nanti akan di-bold dan terlihat mencolok dibandingkan iklan yang lain
Berikutnya adalah pemilihan keyword

Nah, masukkanlah keyword yang Anda inginkan di sini. Nanti ketika  orang mengetikkan keyword tersebut, iklan Anda dijamin muncul. Tips dari  saya ialah jangan masukkan banyak keyword hingga ribuan/ratusan. Google memiliki sistem seperti ini, kalau mereka percaya iklan Anda  berkualitas dan sering di-klik orang, maka biaya per-klik Anda dapat  murah dengan sendirinya. Nah, dari mana Google melihat bahwa iklan Anda  berkualitas atau tidak? Kalau dengan impression yang sedikit iklan Anda  banyak diklik, berarti iklan Anda bagus. Nah, kalau keyword Anda ribuan,  sudah pasti jumlah peng-klik dan keyword yang Anda incar tidak  sebanding. Bisa2 impression jutaan tapi yang mengklik hanya puluhan.  Maka kualitas iklan Anda bisa dianggap jelek dan harga jadi mahal.
Tips dari saya ialah, jangan gunakan hanya feeling Anda untuk memilih  keyword. Terkadang feeling kita merasakan keyword ini banyak dicari  orang, tapi kenyataannya belum tentu seperti itu. Masukkan keyword hanya  dari freekeywords.wordtracker.com. Itu juga sudah cukup karena keyword  yang ditampilkan di situ sudah pasti dicari banyak orang. Akan tetapi,  tidak semuanya berkualitas juga. Nanti akan ada trik untuk mencari yang  berkualitasnya.
Kalau sudah, klik continue..

Nah, gambar ini muncul kalau keyword Anda mengandung kata tertentu  yang butuh persetujuan dari hukum di Amerika. Tidak usah dipedulikan,  klik saja next lagi Setelah itu, proses pembuatan iklan Anda selesai, akan ditampilkan  seperti ini

Klik Save Ad Group dan selesailah.

Masih ada konfigurasi yang bisa kita atur, coba Anda pilih campaign  (iklan) Anda dan klik edit settings

Ini adalah layar konfigurasi campaign Anda. Di bagian budget, Anda  bisa menentukan budget Anda perhari. Dengan demikian, kalau jumlah biaya  yang harus dibayar sudah melebihi Rp 10.000, maka iklan Anda tidak akan  ditampilkan kembali. Ini sangat penting. Pengelolaan biaya iklan harus  menjadi fokus perhatian Anda. Jangan sampai Anda nanti dililit hutang  sama Google dan bangkrut seketika!
Keyword bidding hanya untuk menentukan harga  standard keyword Anda.
Ad Scheduling untuk menentukan jam berapa iklan Anda  ingin ditampilkan. Jadi misalnya Anda berpikir market Anda ini hanya  aktif pada malam hari, maka tampilkanlah iklan Anda hanya pada malam  hari saja.
Nah, ada pilihan untuk enable position preference.  Yang satu ini harus diklik, artinya kita bisa menentukan iklan kita  muncul di posisi keberapa. Ini adalah trik yang sangat jitu. Pastikan  iklan Anda hanya muncul di halaman pertama, selain itu tidak usah  ditampilkan.
Ad Serving, sesuai yang dijelaskan di tulisannya.  Saya tidak pernah ubah2 yang ini. Iklan yang muncul dengan teratur  sewaktu-waktu akan lebih efektif daripada iklan yang muncul terus.  Bayangkan kalau iklan tv yang sama muncul berkali2 dan berurutan  seharian, pasti penontonnya kesal.

Nah, ini untuk memilih iklan Anda muncul di mana
Google Search artinya iklan Anda hanya muncul ketika  orang melakukan search
Search Network artinya iklan Anda muncul pada  partner Google yang lain, misalnya Ask Jeeves (Search engine lain)
Content Network artinya iklan Anda akan muncul di  adsense orang lain / halaman website orang lain
Content Bids artinya Anda bisa menentukan harga yang  berbeda untuk memasang iklan di content network.
Tips dari saya ialah, Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan  Anda. Kalau website Anda bertipe menjual, maka Anda butuh pembeli, bukan  hanya pendatang. Maka tampilkan iklan Anda hanya di search network.  Jadi orang yang masuk ke website Anda hanya orang2 yang mencari solusi  akan masalahnya.
Tapi kalau website Anda berisi berbagai informasi dan Anda ingin  banyak orang datang termasuk yang hanya ingin lihat2, maka letakkan  iklan Anda di content network. Karena orang yang mengklik iklan di  website orang lain ialah orang yang iseng2 tertarik dengan kalimat iklan  Anda. Perlu dicatat, kalau Anda pasang di content network,  impressionnya bisa banyak sekali. Ini cocok buat website bertipe adsense  (butuh banyak pengunjung yang suka iseng2 klik).
Nah, trik saya yang lain yang cukup jitu ialah menentukan  posisi iklan Anda yang akan ditampilkan.
Trik ini hanya berlaku jika Anda mencentang tulisan enable  position preference Masuklah ke campaign Anda, lalu masuklah ke ad group yang Anda  inginkan. Pilihlah tab keywords untuk menampilkan semua keywords Anda

Centanglah semua keywords Anda, lalu pilih edit keyword  settings

Nah, apabila Anda sudah mengaktifkan enable position preferece, Akan  ada bagian Position Preference. Tentukan hanya 1 sampai 8, karena  halaman pertama hanya berisi 8 iklan. Lalu klik gambar kotak kecil di  sebelahnya untuk meng-apply aturan ini untuk semua keyword. Kalau sudah  klik save changes.

Dengan demikian, iklan Anda hanya akan ditampilkan di halaman  pertama. Kalau tidak muncul di halaman pertama, gak usah tampil  sekalian. Kalau Anda benar2 mau serius berinvestasi dalam advertising adwords  ini, ada baiknya Anda menggunakan software untuk membantu menemukan  keyword yang paling tepat untuk website Anda. Salah satu software yang  paling saya rekomendasikan adalah Keyword Elite Kalau mau belajar secara teori, panduan AdwordsInDetail yang dibuat oleh Robert  Hanson sangat membantu. Saat ini beliau sering berbicara di  berbagai seminar internet marketing dan menjadi tangan kanan Adam Khoo  untuk urusan internet marketing di Indonesia.
Mudah-mudahan tutorial ini dapat menjadi informasi yang berguna untuk Anda  semua. Terus belajar dan jangan pernah menyerah!
Blog Archive
- 
▼ 
2011
(496)
- 
▼ 
Maret
(162)
- Remeh dan Kerdil
- Artikan Sendiri Maknanya, Saya Juga Bingung.......
- Memberi PASSWORD pada folder dengan dan tanpa soft...
- Facebook Mobile Prompt Feed XSS (Cara Iseng Ngerja...
- Membuat burung twitter terbang di blog - Floating ...
- Cara mengawasi facebook pasangan kita dengan multi...
- Solusi Buka Facebook di blok IT dengan browsing am...
- cara iseng promosi web atau blog di salingsapa.com
- Daftar Web Penyedia Jasa URL / Link Shortener
- Simple Javascript Floating Image, Object, Avatar,...
- Free download SLANK mp3 Full All album
- Domain Dot TK saya tiba-tiba menghilang
- Metode Kepahlawanan
- RW KESEDIHAN RT KEBUNTUAN
- Fake Mailer / Fake Email Sender / Email Palsu
- DARI HATI KE HATI
- Apa Besok Pagi Kita Belum Mati ?
- Sistem Nilai Apakah yang Kita Pilih
- Menghapus Blog Yang Kita Ikuti (Follow)
- Files And Archives of p4r46hcyb3rn3t
- Kenapa Saya Gagal Blogging?
- Islam itu tidak menyakiti siapa-siapa
- Pekerjaan Yang Mulia
- Kepada Siapakah Engkau Mengeluh?
- Dua Manusia Super Di Pinggir Jalan
- Saatnya Untuk Pulang
- Saya Anti Demokrasi.....!!!
- Manusia Bukan Tandingan Setan
- Kita Adalah Bangsa Yang Memang Tidak Perlu Rajin
- Ketika Gandhi Kehilangan
- Modal Utama Manusia Untuk Menjadi Muslim Bukan Al ...
- Bakwan Jengkol
- 10 Tips untuk Blogger Pemula
- Meningkatkan Pendapatan Adsense Anda
- Memasang Iklan Google Adsense Di Blog Bahasa Indon...
- Hikayat Bukit Tengkorak
- Namanya Melisa
- Saya Jadi Apa, Bukan Karena Ingin
- Kebenaran Dibalik Sebuah Berita
- Apakah Kita Sudah Assalamu'alaikum Wr. Wb.
- Cara Menghapus Crawl Error Dengan Webmaster Tools
- Langkah-Langkah Membuat Website
- Panduan Google Website Optimizer untuk Split Testing
- Panduan / Tutorial Menggunakan Google Adwords
- Dapatkan Pay Per Lead $5 dari Nifty Stats
- Cara Membuat Rekening PayPal-100% Gratis
- Belajar Tools dan Tips Google Adsense
- Apa Arti Sebenarnya Bisnis Online itu?
- Macam-Macam Program Affiliasi Website
- How to Make Money From Your Website
- Social Widget [Twitter, Facebook & RSS Feed] Plugi...
- Top 15 WordPress SEO Plugins for 2010
- 10 WordPress plugins to work with images
- Akismet Key and How to Resolve Akismet Detected Pr...
- Cara Promosi Blog Anda
- Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine
- Membuat Website Search Engine Friendly
- Using the Joomla! Contact Component
- Tutorial Joomla – Using the Media Manager for File...
- Tutorial Template Joomla
- Joomla: Bagaimana Menghilangkan Jcomments Footer Link
- JComment: Fasilitas Komentar Joomla yang Simple ta...
- Joomla : Ubah Favicon Joomla Sesuka Hati
- Membuat Domain Dot Com dengan Blogspot
- Cara Daftar Gratis Domain di Web.Id
- Daftar Domain Gratis dari dot Tk
- Membuat Domain Gratis di CO.TV
- Daftar Penyedia Domain Gratis
- Cara Membuat Daftar Isi dan Sitemap Blog WordPress
- Cara Membuat Daftar Isi pada Blog WordPress
- Membuat file Robots.txt di Worspress
- Membuat Sitemap pada Wordpress
- Membuat Artikel Terkait (Related Post) pada Blog W...
- Cara Memasang Iklan di Dalam Postingan Blog WordPress
- Membuat Link Di Wordpress
- Membuat Iklan Melayang (Floating) di WordPress
- Cara Instalasi WordPress Di Local Host
- Instalasi CMS WordPress Pada Server Hosting
- Cara Daftar di Domain Gratis, Free Domain, Free DN...
- Pengaturan DNS Pada Domain CO.CC
- Membuat Website Atau Blog Gratis Penghasil Uang
- Platinum SEO Plugin-The Ultimate WordPress SEO
- Membuat Album Foto pada WordPress CMS dengan Plugi...
- Cara Optimasi Blog WordPress Bagi Pemula Dengan Pl...
- Tips Untuk Free Web Directory
- How to Activate Akismet to Your WordPress Blog
- 9 Anti Spam WordPress Plugin
- Optimalisasi WordPress untuk Mesin Cari
- Cara Mudah Membuat Blog WordPress Terkenal
- Plugin to Speed Up Your WordPress Site
- WordPress Optimization for Better Performance and ...
- WordPress Easy Paypal Payment or Donation Accept P...
- Activate Our WordPress RSS With Feedburner
- Tutorial Daftar Hosting Gratis DI FREEHOSTIA
- Instal Wordpress di Hosting Byethost
- Beware Free Hosting With 000WebHost.com
- Panduan mendaftar Hosting di Hostgator
- Tutorial Membuat Domain Gratis .CO.CC
- Tutorial Membuat Hosting 000webhost
- What Is Website Webhosting
 
 
- 
▼ 
Maret
(162)
 Label:
Label: